Frederik Kiran Cucu Bung Karno yang Mendadak Viral


Frederik Kiran Soekarno Seegers sempat viral sesudah fotonya tersebar di ranah maya. Bocah berusia 12 tahun berdarah Belanda, Jepang, dan Indonesia ini tidak lain ialah cucu Presiden RI kesatu, Ir. Sukarno, dari pernikahannya dengan Naoko Nemoto alias Ratna Sari Dewi. Sejarah asmara Bung Karno dan dara asal negeri sakura ini juga terbilang unik.

Naoko Nemoto pertama kali berjumpa dengan Sukarno ketika usianya masih 19 tahun, yaitu pada 1959. Kala itu, dilansir dari The Japanese and Soekarnos Indonesia (1975) yang ditulis Masashi Nishihara, Bung Karno memang sering berangjangsana ke Jepang guna mengurus masalah ganti-rugi perang.

Dalam acara perjamuan santap malam di Imperial Hotel, Tokyo, pada 16 Juni 1959, Sukarno berkenalan dengan Naoko. Ada yang mempercayai bahwa Naoko ketika itu ialah seorang geisha. Robert Whiting dalam Tokyo Underworld (2012), misalnya, mengutip laporan Shukan Gendai (1966), menyinggung Naoko muda dikenal sebagai gadis pertunjukan.

Demikian pula dalam buku Beauty Inside (2016) karya Rieke Indriyanti yang menyebutkan bahwa Naoko sebagai geisha. Namun, menurut keterangan dari Rieke, geisha – yang dalam bahasa Jepang bermakna seniman– mesti memiliki sejumlah kemampuan khusus, juga pengetahuan serta wawasan yang luas.

Naoko sendiri telah berkali-kali menepis anggapan bahwa ia adalah seorang geisha. Iapun membantah tudingan yang menyinggung pertemuannya dengan Sukarno terjadi di suatu tempat hiburan malam.

“Tidak benar saya dipertemukan [dengan Sukarno] di Akasaka Night Club. Tidak mungkin. Ia adalahseorang Muslim yang taat, tidak minum alkohol, dan pagi hari jam 5 telah harus bangun guna salat,” tegasnya.


0 Response to "Frederik Kiran Cucu Bung Karno yang Mendadak Viral"

Post a Comment